Perawatan Rutin Yang Ampuh Untuk Mencegah Mobilmu Mogok

Transportasi pribadi sudah menjadi kebutuhan yang paling mendasar bagi manusia khususnya masyarakat urban yang setiap harinya dihadapkan pada kondisi jalan padat dan macet. Selain macet, panas terik matahari, rintik air hujan, genangan air di jalan bahkan polusi yang membuat udara di jalan terlalu pengap juga tidak bisa dihindari oleh pengguna jalan di kota-kota besar. Oleh karenanya, banyak masyarakat pengguna jalan yang akhirnya memilih mobil sebagai moda transportasi karena bebas dari panas, hujan, maupun polusi karena adanya AC. Namun mobil juga memiliki banyak perawatan khusus agar mobilmu tidak mudah mogok. Kalau sudah mogok berbagai macam kegiatan bahkan bisa tertunda. Walaupun masih ada sewa mobil Cirebon yang selalu siap menyediakan berbagai tipe mobil sebagai pengganti selama mobilmu mogok.

Berikut ini kami bagikan beberapa perawatan yang dapat mencegah mobilmu mogok. Pertama, sering-sering memanaskan mesin mobil secara rutin setiap hari. Hal ini penting untuk dilakukan karena dengan pemanasan, mesin mobil akan dilumasi oleh oli terlebih dahulu sehingga tidak menyebabkan aus. Selain itu, dengan pengecekan rutin, kamu bisa mendeteksi dini kerusakan pada mobilmu secara cepat lho. Saat mobilmu sedikit terasa berbeda dari keadaan normalnya, maka segera bawa ke servis car ya!

Selain pemanasan dan pengecekan setiap hari, perawatan yang sering diabaikan yaitu pemilihan jenis bahan bakar atau BBM. Setiap mobil memiliki nilai oktannya masing-masing, nilai oktan ini yang harus disesuaikan dengan nilai oktan dari setiap jenis bahan bakar. Nilai oktan adalah besaran jumlah tekanan yang dapat diberikan sebelum bahan bakar atau BBM bisa terbakar. Jika nilai oktan dari bahan bakar yang anda pilih sesuai dengan saran nilai oktan dari pabrik mobil, maka hasil pembakaran tidak akan meninggalkan residu pada mesin. Hasilnya, mesin dapat bertahan lebih lama dan awet. Jika mobil anda hanya sesuai dengan bahan bakar yang mahal, sewa mobil Cirebon dapat menyediakan berbagai jenis mobil dengan beragam nilai oktan sehingga anda bisa memilih sendiri bahan bakar jenis apa yang lebih ekonomis di kantong anda.

Tidak berhenti pada pemilihan bahan bakar, pengecekan oli, air radiator dan aki juga tidak kalah penting. Pengecekan berbagai cairan utama bagi mobil ini baiknya dilakukan setidaknya satu bulan sekali. Oli memiliki fungsi untuk melumasi mesin yang sedang bekerja, namun adakalanya oli kadaluarsa bahkan kering yang dapat merusak mesin. Sementara air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat bekerja, karenanya jangan sampai air radiator ini kering kehabisan, bisa bahaya. Ada juga aki yang tugasnya menyimpan energy listrik dalam bentuk kimia sehingga kegiatan starter, lampu mobil, charger mobil dan lain sebagainya masih bisa berjalan. Bagaimana nasibnya jika ketiga cairan utama ini tidak rutin dicek dan akhirnya menyebabkan mobilmu mogok ditengah-tengah berkendara. Tetapi jika mobilmu mogok secara tiba-tiba, sewa mobil Cirebon selalu siap sedia membantu anda untuk menyediakan mobil sementara mobilmu diservis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *